Minggu, 17 April 2016

Satelit LAPAN A2 ORARI Berhasil Diluncurkan


 Satelit LAPAN A2 ORARI Berhasil Diluncurkan

Satelit LAPAN A2/ORARI sudah berhasil diluncurkan, dilepas diatas Biak dan sekarang berputar dan 110 menit lagi akan muncul kembali disebelah Barat Indonesia.

Dr.Suryono Adisoemarta YD0NXX melaporkan via ORARINews dari menit ke menit proses peluncuran Satelit LAPAN A2/ORARI. Satelit dengan bobot 78 kilogram yang akan mengorbit dekat ekuatorial dan melintasi Indonesia 14 kali sehari itu akan memantau permukaan Bumi, identifikasi kapal laut dan komunikasi radio amatir (ORARI).

Satelit yang telah dilepas pengirimannya oleh Presiden ke tempat peluncuran satelit di Pusat Teknologi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional di Rancabungur, Kabupaten Bogor, Kamis beberapa waktu lalu kini telah diluncurkan dengan roket PSLV-C30.

Satelit LAPAN A2/ORARI diluncurkan jam 11:30 WIB dan 23 menit payload akan dilepaskan (posisi akan diatas Biak). kemudian sekitar 110 menit muncul di Barat Indonesia, dan pada saat itu mulai termonitor beacon dari YBSAT di 145.825 MHz.

Satelit LAPAN-A2 diorbitkan dekat equator dengan inklinasi enam derajat pada ketinggian 630 kilometer dari permukaan Bumi.

Selamat Bravo ORARI.