Jumat, 22 Juli 2011


KENWOOD TM-271A Programming

tm-271a display
Display TM-271A

Kenwood TM-271A selain dapat diprogram melalui tombol yang berada di Panel bagian depan juga dapat di program dengan bantuan Software MCP-1A.

RIB yang dipakai untuk radio ini cukup menggunakan 2 transistor saja, seperti yang pernah saya posting sebelumnya... :)

RIB TM-271A KENWOOD

Seperti biasa, pertama kali tentukan default Port nya :

Port Select

Kemudian lalukan perintah Read, jika tidak menemukan masalah... maka pada layar akan tampil pop-up Read dengan progress bar hingga komplit 100%

Read Progress

Seperti pada menu programming software lain.. tentunya disediakan beberapa menu untuk merubah paramaeter yang ada seperti Frequency, Tone, Power Output dan lain"..

Setting Freq etc

Untuk menyelesaikan seluruh perubahan / pengaturan dan menyimpannya kedalam memory radio... tinggal klik Write>> Selesai.



REPEATER LINK CONTROLLER

Diagram block berikut adalah merupakan repeater standart/basic yang ditambahkan dengan sebuah radio "TRX" (Transceiver).
Dimana Transceiver ini berfungsi sebagai Radio Link/penghubung dengan repeater lain agar jarak komunikasi dapat semakin terjangkau..

Pada umumnya TRX ini bekerja pada mode Duplex, meskipun dengan mode Simplex juga sering dijumpai (tergantung kebutuhan dan konfigurasinya sih... :-) )

Diagram Block,Repeater Link,Controller,COR
Block Diagram

Schematic,Repeater Link,Controller,COR
Wiring Repeater Link c/w simple dtmf rc

Gambar diatas, adalah pengkabelan secara lengkap konfigurasi repeater link yang terdiri dari Receiver (input) Transmitter (output) Transceiver (input/output) dan dtmf remote control serta COR Repeater Link.

Layout,PCB,COR,Repeater,Link,Controller
PCB COR Repeater Link test-1

Simulasi/pengetesan COR Repeater Link pada kondisi TRX menerima signal, kemudian memberikan perintah Transmit kepada TX.


Layout,PCB,COR,Repeater,Link,Controller
PCB COR Repeater Link test-2

Simulasi/pengetesan COR Repeater Link pada kondisi RX menerima signal, kemudian memberikan perintah Transmit kepada TX dan TRX.

Gambar schematic dan pcb untuk saat ini masih belum selaras dalam penulisan urutan labelingnya, tapi jika Anda tertarik ingin memiliki gambarnya silahkan tinggalkan email di komentar.

SIMPLEST RIB For PUXING SUICOM WEIERWEI

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1933 bagi yang merayakannya... khususnya buat rekan se-hobby YB0AA - OM IGK Manila, YB9BOB - OM W.Pande Sudirta SH, YC9CT - OM I Made Jhon Tony dan kawan FB-ku sekaligus teman di aktifitas... Adi Nana Doank... :)
Selagi liburan dan banyak waktu senggang... lagi-lagi saya tambahkan posting yang sama dan mudah-mudahan tidak membosankan..

Karena setelah berhasil memprogram radio HT dan Rig dengan RIB yang sangat sederhana itu saya tertarik untuk mencobanya ke radio lain seperti SUICOM dan WEIERWEI.
Pada awalnya muncul error... naum setelah diteliti secara bertahap.. ternyata stereo plug mengalami short circuit, kemungkinan akibat saya kikir salah satu sisinya agar dapat masuk ke Radio HYT... tahu sendiri kan jarak antar plug (female) terlalu dekat.

RIB PCB
PCB Simplest RIB

WEIERWEI
HT SUICOM WEIERWEI

Select language
Open Program

Untuk pemrograman SUICOM dan WEIERWEI biasanya saya pilih PX777/328 CH128+2Tone.

Reading_jpg
Proses pembacaan codeplug

Writing_jpg
Proses penulisan codeplug

SIMPLE RIB SUICOM
Schematic Simplest RIB For SUICOM PUXING WEIERWEI


HOMEBREW REPEATER With GM338

Artikel ini sama dengan artikel sebelumnya tentang pembuatan repeater sendiri, hanya transceivers.nya saja yang membedakan.
Di postingan kali ini radio yang dipergunakan masih dari keluarga Motorola dengan model / tipe yang lebih muda/tergolong masih baru.
Sementara COR yang saya pakai versi#3 (TOT dan Release TOT), Antena mempergunakan Diamond F-23H.
Untuk men-setting frequency dan lainnya memakai software CPS R06.09.06, sedangkan Radio Interfacenya tetap memakai RIB yang sebelumnya saya pakai untuk radio HYT, SUICOM, WEIERWEI di postingan yang lalu.

GM338 Repeater Homebrew
tampak semrawut....

GM338 Display
tampak depan GM338

Acc Conection Plan
ACC Connector GM338

pada radio GM338, Accessories connector.nya memiliki 20 pin, tidak seperti pada GM300 atau GM3188. Meskipun jumlah pin.nya 20, namun connector dengan pin 16 tetap masih dapat dipergunakan. sehingga jika connector tersebut dihubungkan, maka akan terlihat sisa connector pada sisi sebelah kiri dan kanan .... tidak "ketemu" .

Berikut adalah table penjelasan dari fungsi masing masing pin :

gm338 connector pin function page1
gm338 connector pin function page2

screenshot
Snapshot : Setting Frequency dll.

Ini dia Simplest Radio Interface GM338 :
RIB GM 338


Simplest RIB For MOTOROLA Mag OnE A8

Video capture pemrograman/setting frequency, tone, power dan lainnya seperti berikut ini adalah menggunakan Radio Interface yang sama seperti pada artikel sebelumnya ketika saya berhasil mencoba untuk radio produk HYT TC-500 dan HYT TC-700.

Yang membedakan adalah konfigurasi pin-out pada Stereo plug, untuk TXD dan RXD serta GND saja (terpisah). Pada Motorola Mag One A8, stereo plug yang dipergunakan menggunakan ukuran 2,5mm atau kalau kita lihat pada penutupnya (karet penutup) disana jelas terlihat symbol Microphone.
Sedangkan jika kita mengacu pada schematic original dari buku service manualnya tertulis 3,5mm (salah) atau sengaja ya..?? lihat gambar schematic paling bawah..!



Read progres menu_jpg

Configuration menu_jpg


Schematic Simple RIB Mag One A8_jpg

Programming Cable PMDN4043_R
Schematic (asli) diambil dari Service Manual